10 Pulau Terbaik Didunia

Baros Maldives

Para pembaca majalah Travel + Leisure memberikan peringkat pulau-pulau terfavorit pada ajang "Travel World’s Best Awards". Hasil tahun ini membuktikan bahwa tak ada destinasi yang sulit dijangkau ketika pantai tersebut masih alami, memiliki pasir putih, dan fauna yang eksotik.

Untuk ketiga kalinya dalam sejarah dua dekade, peringkat pertama World’s Best Awards ditempati oleh pulau-pulau di Galapagos. Meskipun terletak 600 mil di arah barat Amerika Selatan, Galapagos terus memikat wisatawan dengan daya tarik wisata berupa singa laut yang lucu dan jenis burung berkaki biru.

Saat ini, pantai yang terletak jauh dan tidak biasa menjadi incaran wisatawan. Namun bukan berarti pulau populer seperti Hawai tidak masuk dalam daftar. Oleh karena itu, Maui dan Kaui kembali terpilih setelah 20 tahun berada di 10 peringkat Travel + Leisure.

Prestasi membanggakan juga diraih Indonesia karena Bali masuk dalam peringkat kedua. Inilah daftar peringkat 10 pulau terbaik di dunia hasil pilihan pembaca Travel + Leisure.

1. Kepulauan Galapagos, Ekuador

Destinasi wisata yang terletak ratusan mil dari Pantai Ekuador ini merupakan habitat satwa liar berupa singa laut, burung kormoran, kadal laut, dan penguin. Para satwa tersebut menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan penggemar fotografi. Lansekap vulkanik dan pantai yang tak terjamah merupakan wisata terbaik yang dapat dilihat dari laut dan kapal pesiar seperti  Silversea Galapagos.

2. Bali, Indonesia

Pulau Bali mengalahkan semua pulau-pulau tropis yang ada di Indonesia. Dengan sawah, kuil Hindu, dan tanjung yang berbatu, pulau ini menjadi kebanggaan negara Indonesia. Travel + Leisure menyarankan wisatawan untuk pergi menikmati matahari terbit berwarna kemerahan di ujung cakrawala daerah Sanur atau menuju Besakih, pura suci nan mistis di lereng Gunung Agung.

Pemandangan pulau-pulau dapat menjadi pilihan kedua tetapi Bali membuat budaya menjadi bagian penting dari sebuah perjalanan. Wisatawan dapat ikut dalam kelas memasak, mengenal seni kontemporer Bali, dan ikut dalam upacara pemberkatan tradisional. Semuanya mengajak wisatawan menyelam ke dalam warisan budaya Indonesia.

Bali

3. Maladewa

Negara yang memiliki titik terendah yaitu tidak lebih dari dua meter di atas permukaan laut ini memiliki banyak hotel yang dibangun di atas perairan berwarna biru berkilau. Hotel-hotel ini menjadikannya yang terbaik dibandingkan penginapan lain. Pembibitan karang, klub malam bawah air, dan menikmati pesta di kapal apung adalah beberapa atraksi mewah yang dapat dinikmati di Maladewa.

4. Tasmania, Australia

Pulau yang ada di negara bagian Australia ini menawarkan harta karun yang tak tertandingi dengan pulau-pulau lain. Lanskap yang beragam dan menakjubkan hampir membuat halusinasi yaitu bukit yang dipenuhi bunga liar Banksia, formasi batuan granit di pantai, dan fenomena alam bebatuan dengan formasi mosaik di Eaglehawk Neck.

Meskipun lokasinya terpencil, Tasmania menawarkan wisata kuliner dengan bahan-bahan lokal seperti selada laut dan anggur organik, Tassie. Tasmania juga menawarkan udara yang bersih seperti di Antartika dan menjadikannya tempat yang ideal untuk bernafas.

5. Santorini, Yunani

Di Santorini, semua terlihat cerah dengan rumah-rumah bercat putih dan gereja berwarna biru terletak di sisi bawah kaldera kuno. Daya tarik lainnya adalah pasir hitam di Pantai Perrisa, sebuah tempat yang bersejarah. Ada pula Akrotiri yang dilestarikan dan dikenal dengan Minoan Pompeii (Pompeii dari peradaban Minoa). Akrotiri seperti halnya Pompeii merupakan kota kuno yang terkubur akibat letusan gunung berapi. 



Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam melewati kota Oia, sebuah panorama yang kerap muncul kartu pos. Sebuah desa di Oia yang berada di puncak tebing adalah salah satu tempat yang paling banyak difoto di dunia.

6. Moorea, Polinesia Perancis

Pulau berbentuk hati yang terletak di Samudra Pasifik Selatan dipercaya mampu meyakinkan wisatawan yang memiliki standar tinggi tentang keindahan alam. Pulau ini memiliki laguna yang berwarna biru dan diselimuti pegunungan hutan hujan. Sementara pulau dekatnya, Bora-Bora menawarkan pantai dengan pohon kelapa yang berjajar dan aroma vanili yang menyengat, jeruk, dan serta bungalow dari jerami di hotel yang mewah.

Pulau Kauai

7. Maui, Hawaii

Pulau ini merupakan kebanggaan Hawaii yang mampu menarik wisatawan selebriti Hollywood untuk berselancar. Saat ini, Pulau Maui hadir dengan lingkungan yang kosmopolitan dan resor penuh gaya, serta pemandangan alam yang menakjubkan. Aktivitas wisata yang dapat dicoba adalah melihat matahari terbit di atas kawah gunung berapi, Haleakala.


8. Kauai, Hawai

Pulau Kauai merupakan pulau tertua di Hawai yang terbentuk ketika lava bergerak naik dari dasar laut pada masa lima juta tahun yang lalu. Pemandangannya termasuk Pantai Hideaways yang tersembunyi di balik dinding lava hitam yang menjulang, serta Waimea Canyon dan Tanjung Na Pali.

Great Barrier Reef, Australia

9. Great Barrier Reef, Australia

Great Barrier Reef adalah sebuah kawasan terumbu karang yang membentang sepanjang 1.600 mil dari ujung timur laut Australia. Di tempat ini dipenuhi lebih dari 400 spesies biota laut mulai dari ikan paus besar hingga thorny urchins.

10. Malta

Para penggemar sejarah telah lama menyukai bangsa Mediterania ini yang juga menjadi bukti bahwa tidak perlu pohon-pohon palem untuk menjadi salah satu pulau yang menggoda di dunia. Sebanyak 1,5 juta wisatawan datang ke pantai yang berwarna-warni ini setiap tahunnya. Tebing kapur menghiasi dinding gereja gaya baroque, dinding kastil yang runtuh, dan benteng. Dengan pembukaan Renzo Piano yang dirancang sebagai teater terbuka, pengunjung dapat menikmati perbedaan arsitektur yang kontras antara abad 16 dan 21.
10 Pulau Terbaik Didunia