Rumah Makan Sunda


Kabupaten Cianjur adalah salah satu daerah yang memiliki kawasan wisata yang kerap dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah dan kota termasuk manca negara.

Tidak hanya itu, Kabupaten Cianjur juga memiliki banyak tempat kuliner yang wajib dikunjungi karena memiliki menu khas seperti Rumah Makan Sunda Rasa. Rumah makan turun temurun ini menyediakan menu masakan khas Sunda seperti babat, kaki sapi goreng ayam, lidah, lalapan dan lainnya.

Pemilik Rumah Makan Sunda Rasa Sandi Guntur Permana mengatakan, Rumah Makan Sunda Rasa sudah berdiri sejak tahun 1960, memiliki konsep arsitektur Sunda yakni berupa lesehan dengan atap memakai jerami. Selain itu Rumah Makan Sunda Rasa sudah memiliki tiga generasi penerus.

“Dulunya ini punya buyut saya, kemudian diwariskan kepada anaknya (Nenek) dan sekarang pada ibu saya, dan saat ini Rumah Makan Sunda Rasa sudah memiliki tiga cabang,” katanya.

Rumah makan Sunda Rasa selain menyediakan menu andalan seperti lidah, babat, kaki sapi goreng juga menyediakan aneka menu makanan lainnya, seperti pepes ikan, pepes jamur, pepes gabus, sop, dan soto. Tak hanya itu, harganya pun sangat terjangkau yakni mulai dari Rp7 ribu hingga Rp80 ribu per porsi atau per potong.

Harga kulit dan babat hanya dibandrol Rp7ribu per potong, lidah dibandrol Rp10 ribu per potong, kaki sapi dibandrol Rp80 ribu per porsi, sop dan soto dibandrol Rp10 ribu per porsi.

“Untuk bulan puasa maupun weekend jumlah pengunjung alhamdulillah ada peningkatan dari hari biasanya yakni mencapai 80 persen. Khusus bulan puasa, Rumah Makan Sunda Rasa buka mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB,” terang Sandi.
Rumah Makan Sunda