Tips Liburan Paris France Untuk Pertama Kali



Basic information

Business Hours di Prancis adalah pukul 9 hingga pukul 6,  Orang-orang Prancis berasumsi bahwa dari pukul 12 hingga pukul 2 adalah jam istirahat jadi semua orang istirahat maka kafe akan penuh bila anda pergi ke Bank atau temapt pelayanan seperti itu , tidak ada siapa-siapa. Selain itu , di Prancis banyak libur hari raya , berbeda dengan German dan Inggris yang tidak libur. Sebenarnya dampaknya kepada banyak tempat yang tutup, jadi bagi anda yang akan bertraveling sebaiknya mencari infromasi dahulu.

Informasi yang berguna lainnya adalah bila anda akan makan jam 12 siang hingga jam 2 , maka sebaiknya anda datang lebih awal karena bisa dipastikan semua orang akan pergi ke café atau restoran. Selain itu , jam makan malam adalah pukul 7 hingga pukul 9.30 jadi jangan heran restoran penuh pada jam tersebut. Libur panjang berlangsung pada bulan Februari, sedangkan pada Juli dan Agustus adalah waktunya libur musim panas, jadi jangan heran bila kebanyakan kantor tutup.

 Di Prancis sendiri tips termasuk di dalam harga yang anda bayarkan terhadap sesuatu, aturannya adalah jangan memberi tips bila memang orang yang membeli pelayanan tersebut  tidak memberikan pelayanan istimewa. Namun beberapa pengecualian adalah , anda boleh memberikan tips kepada pengemudi taksi yang membawakan koper anda.

 Di Prancis ada aturan tidak tertulis bahwa jika anda berbicara di depan public sebaiknya suara anda dipelankan. Apalagi jika anda masuk ke suatu restoran, jadi ketika anda di dalam restoran ( apalagi bila anda berada di restoran mahal) jangan heran bila pelayan restoran akan lebih dekat ketika berbicara, hal ini untuk menjaga tatakrama( biasanya seperti itu ), selain itu hal tersebut menjaga agar suara tidak mengganggu tamu lain. 

Bila anda tidak tahu nama seseorang, maka anda panggil orang terebut dengan Monsieur/ Maddame, selain itu ketika anda bertanya kepada orang, awalai dengan “ Bonjour “ atau “ Au Revoirâ€. Ketika anda mengobrol dengan seseorang yang tidak terlalu dekat, maka “ Vous† adalah ucapan untuk “ andaâ€, namun bila memang benar-benar kenal dekat,  â€œ toi/tu†bisa anda gunakan saat percakapan sehari-hari.  

Bahasa di Prancis

Turis –turis yang akan datang ke Prancis biasanya concern terhadap mempelajari bahasa Prancis sebelum datang kesana. Kebanyakan orang Prancis tidak berbicara Bahasa Inggris walaupun mereka sebenarnya bisa bahasa Inggris, bahkan di Paris hal tersebut masih berlaku. Jadi mau tidak mau anda belajar sedikit-sedikit bahasa Prancis sebelum kesana.


Apalagi anda memang benar-benar tidak bisa bahasa Prancis, setidaknya anda menyapa seseorang dalam Bahasa Prancis sebelum bertanya sesuatu, orang Prancis akan sangat menghargai hal tersebut, mereka akan benar-benar membantu anda bila anda berusaha bertanya menggunakan Bahasa Prancis. Jadi yang anda butuhkan adalah buku berisikan frase-frase simple dalam Bahasa Prancis.  

Kemana di Prancis selain ke Paris?

Prancis ? langsung ingat Paris bukan ? memang Paris merupakan tempat sempurna bagi orang yang ingin traveling, merupakan impian bagi banyak orang.  Paris mungkin lebih terkenal dari Prancis di seluruh dunia.
 Banyak kota di Prancis yang bisa anda datangi, sebenarnya di dekat Paris dekat dengan Normandy, dimana daerah tersebut memiliki arsitektur yang indah selain itu Kota tersebut memiliki garis pantai yang indah , dan juga kota tersebut juga memiliki warga yang ramah. Jika anda senang bepergian jauh, anda bisa datang ke Provence. Di kota Provence sendiri terdapat banyak atraksi dimana anda dapat melihat bullfighting, kayaking, dan wine tasting disana.

Trasnportasi dan Akomodasi

Bagi anda yang akan bepergia dengan kereta anda harus memvalidasi tiket anda sebelum anda boarding ke kereta, selayaknya saat akan menukar boarding pass anda di pesawat. Bila anda tidak chek in terlebih dahulu, anda akan didenda karena hal itu.  Selain itu , jangan sampai anda ketinggalan kereta, kereta tidak akan menunggu anda, selayaknya bila anda tertinggal pesawat.
Bila anda ingin lebih hemat, terlebih bila anda memiliki jumlah rombongan yang lumayan banyak, anda dapat menyewa mobil. Namun biaya yang akan dikeluarkan akan lebih besar di bensin, toll, dan parkir, pikirkan baik-baik dan bagi sama rata bersama rombongan anda untuk membandingkan biaya naik kereta dan menyewa mobil. Bila benar-benar ingin murah , naik bus saja, hanya memang perjalanan memakan waktu lama, tapi di Prancis bus memiliki system yang sangat baik, layaknya kereta dan pesawat terbang saja.
Tips Liburan Paris France Untuk Pertama Kali