23 Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Harus Dikunjungi

Wisata lembang bandung sudah terkenal dengan wisatanya sejak dahulu. Wilayah Lembang Bandung yang berada di daerah dataran tinggi yang menjadikan wilayah dingin dan udaranya bersih.
Untuk menuju ke tempat wisata yang ada di Lembang Bandung, kita menempuh jarak yang tidak terlalu jauh dari Kota Bandung. Lembang merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat, Bandung. Dimana di Lembang ini terdapat Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi titik tertinggi di daerah ini yang tak kalah seru dengan Situ patenggang. Lembang Bandung terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik yang harus anda kunjungi selain Wisata kawah putih.
Untuk itu, disini saya akan merekomendasikan 23 tempat wisata Lembang Bandung yang harus dikunjungi.

23 Wisata Lembang Bandung Yang Harus Dikunjungi
Beberapa Wisata Lembang Bandung Yang Harus Dikunjungi

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu icon wisata yang ada di Lembang Bandung ramai dikunjungi wisatawan dari lokal maupun mancanegara. Sehingga anda yang berkunjung ke Lembang Bandung tidak boleh melewatkan tempat wisata ini.
Untuk menuju ke tempat ini anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit dari Kota Bandung. Tempat wisata ini dibuka untuk umum mulai pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore.
Area menarik yang terdapat di kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini, yakni Kawah Upas, Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Jurig.

2. Observatorium Bosscha Lembang

Observatorium Bosscha merupakan sebuah observatorium tertua yang ada di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1923. Dan juga menjadi observatorium terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tempat ini anda dapat mengamati berbagai objek-objek luar angkasa yang akan memikat anda. Observatorium ini memiliki teleskop yang besar digunakan untuk mengamati berbagai planet dan objek yang ada di Galaksi Bima Sakti. Untuk mengunjungi tempat ini mulai pukul 9 pagi sampai dengan 1 siang dan pukul 5 sore sampai 8 malam.

3. De'Ranch Lembang

De'Ranch Lembang adalah sebuah wahana wisata yang terpadu. Sebuah tempat wisata cowboy yang bisa anda kunjungi dan juga lengkap. Di tempat ini anda bisa menjadi cowboy yang gagah dengan pakaian cowboy dan menunggangi kuda sesungguhnya. Anda dapat berkeliling lahan hijau dengan berkuda dan beragam aktivitas yang tentunya edukatif serta menyehatkan. Tempat ini berada di Jl. Maribaya No. 17 Lembang Bandung.


4. Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya adalah sebuah destinasi wisata favorit di Lembang Bandung. Pemandangan disekitar tempat ini sangatlah indah yang menjadikan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Air Terjun Maribaya terkenal dengan taman hutan alamnya, merupakan kawasan hutan di Bandung yang menyuguhkan pemandangan pepohonan menjulang tinggi dan indah, serta terdapat air terjun dan pemandian air panas disana. Kondisi alam yang dingin mengharuskan anda menggunakan jaket agar tidak merasa dingin. Selain itu untuk mensiasatinya, anda dapat singgah ke warung-warung yang berada dikawasan tersebut untuk mencicipi minuman yang dapat menghangatkan badan anda, seperti Bandrek dan lainnya.

5. Sapu Lidi Lembang

Sapu Lidi Lembang menjadi salah satu pilihan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berdua dengan pasangannya, dikarenakan tempat ini sangatlah romantis pada malam hari. Lokasinya yang berada di Jalan Sersan Bajuri Kompleks Graha Puspa, Lembang Bandung. Tempat wisata yang menawarkan suasana pedestrian dikelilingi persawahan dan danau, yang membuat anda merasakan pengalaman wisata yang menyenangkan. Anda juga dapat menyewa perahu disana untuk berkeliling sekitar danau tersebut.

6. Situ Lembang

Salah satu destinasi tempat yang seru untuk memancing. Selain menjadi tempat aktivitas memancing, di tempat ini anda dapat melakukan kegiatan menarik dan seru lainnya seperti aktivitas berkemah atau camping di kawasan area Situ Lembang ini. Ditempat ini anda akan menjumpai panorama pemandangan yang sangat indah, sehingga membuat anda merasa nyaman. Untuk sampai ke tempat ini anda harus menempuh perjalanan dengan jalanan bebatuan kasar sehingga anda harus menggunakan kendaraan motor atau mobil yag cukup tangguh.


7. Kebun Begonia Lembang

Untuk anda yang suka berada di taman yang sekelilingnya terdapat bunga yang indah, di Kebun Begonia ini anda akan menemukan hal tersebut. Taman yang belum lama dikembangka ini telah banyak koleksi bunga yang indah dan tersusun rapi. Di taman ini terdapat berbagai bunga, yakni Bunga Celosia, Bunga Melampodium, Bungan Impatiens, Bunga Salvia, Bunga Geranium dan lainnya. Bunga yang menjadi primadona dan komoditas unggulan ditempat ini adalah Bunga Balinea.


8. Floating Market Lembang 

Floating Market Lembang merupakan tempat wisata kuliner yang paling terkenal di Lembang Bandung. Dengan keunikannya yakni pasar terapung diatas danau. Aneka menu kuliner yang lezat baik lokal maupun mancanegara. Floating market ini sama dengan floating market yang ada di negara Thailand. Floating Market ini berada di Jalan Grand Hotel No.33 E Lembang.

9. Taman Miniatur Kereta Api

Salah satu tempat wisata edukasi yang wajib anda kunjungi. Di tempat ini anda akan belajar mengenai sejarah perkeretaan api yang ada di Indonesia. Lokasinya yang berada di kawasan wisata Floating Market.
Di tempat ini menyajikan pertunjukan kereta api mini yang berjalan diatas sesungguhnya. Selain itu, di tempat ini kita juga bisa mengetahui nama dan jenis kereta api yang ada di Indonesia maupun dunia.

10. Kampung Gajah Wonderland

Tempat wisata yang terbesar di Lembang ini harus anda kunjungi ketika liburan tiba. Terdapat berbagai macam wahana yang ada di kawasan ini, yakni terdapat 30 wahana permainan yang seru dan menantang. Luas tempat ini sekitar 60 hektar. Kampung Gajah Wonderland berada di Jalan Sersan Bajuri Km 3.8 Cihideung, Lembang.

11. Farm House

Salah satu tempat wisata baru yang ada di Lembang Bandung. Sehingga tempat ini menjadi tujuan utama wisatawan. Daya tarik utama dari Farm House ini adalah sensasi liburan khas negeri eropa dengan model banguan dan rumah hobbitnya. Lokasi Farm House berada di Jalan Raya Lembang No 108, Lembang.

12. Dusun Bambu Lembang

Salah satu dusun yang menjadi tempat wisata terbaik yang ada di Lembang Bandung. Dusun yang berada dibawah kaki gunung burangrang. Terdapat sekitar 14 kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Dusun Bambu ini sehingga anda dapat menikmati liburan bersama keluarga. Berada di Jalan Kolonel Masturi Km 11, Situ Lembang,

13. Jendela Alam

Salah satu tempat Wisata edukasi terbaik yang ada di Lembang Bandung untuk anak-anak. Ditempat ini anak anda di berikan pengetahuan mengenai cara beternak dan berkebun maupun bertani yang menyenangkan.
Selain belajar, anak anda akan merasa nyaman lama-lama di tempat ini. Lokasi yang berada di Komplek Graha Puspa Jalan Sersan Bajuri KM 45


14. Kampung Daun

Tempat wisata kuliner terbaik di Lembang yang menawarkan sisi eksotisme dan romantisme dengan suasana khas dari bumi lembang. Menikmati menu kuliner tradisional, dari kuliner tradisional sampai dengan mancanegara dengan suasana yang tenang. Kampung Daun berada di Jalan Sersan Bajuri KM 4.7.

15. Pemandian Air Panas Ciater

Objek wisata pemandian air panas yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini menawarkan pemandian air panas alami yang menyehatkan kulit dan tubuh serta menyegarkan. Terdapat beberapa kolam pemandian, umum maupun private. Pemandian air panas yang berlokasi di Jalan Raya Ciater Nagrak.


16. Puncak Ciumbuleuit

Tempat wisata kuliner yang berada di sekitar lembang, tepatnya berlokasi di perbatasan SESKO AU, Kampung cijeruk dan desa pagerwangi yang ramai dikunjungi wisatawan.
Aneka kuliner khas sunda ditawarkan ditempat ini, menikmati makanan di deretan saung-saung sambil menikmati keindahan pemandangan kota bandung.

17. Balai Inseminasi Buatan Lembang

Pusat inseminasi buatan yang ada di Indonesia, sebagai tempat wisata edukasi proses inseminasi sapi, kerbau, domba dan lain-lainnya. Tempat wisata yang ramai dikunjungi pelajar, mahasiswa dan juga masyarakat yang ingi belajar proses inseminasi buatan. Lokasinya berada di Jalan Kayu Ambon, Lembang.

18. The Lodge Maribaya

Tempat wisata yang berlokasi di penginapan terbaik yang ada di Lembang di tengah kawasan hutan pinus yang indah dan sejuk. Menikmati Kuliner dalam maupun luar negeri sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yang alami yang menjadikan tempat ini romantis. Terletak di lokasi yang berada jalan Maribaya Timur KM 6 Kosambi Cibodas.

19. NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park merupakan kediaman sekaligus salah satu tempat praktek maestro pemahat terbaik dunia, dialah Nyman Nuarta. Sebuah galeri seni pahatan hasil karya terbaik dari Nyoman. Patung Garuda Wisnu yang terkenal menjadi salah satu karya fenomenalnya. Berada di Jalan Seraduta Raya No L6 Bandung.

20. Burgundy Dine & Wine

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk tempat nongkrong yng ada di Bandung. Tempat yang cocok untuk mereka yang menyukai minuman wine dan para pemburu kuliner dalam maupun luar negri. Tempat yang memberikan suasana alam khas maribaya yang indah dengan udara yang sejuk. Letak tempat ini berada di Jalan Maribaya No 163 Lembang.

21. Salian Art Space

Salah satu galleri seni yang ada di Bandung yang harus anda kunjungi bagi penyuka seni dan kreatifitas. Tempat pameran seni sejumlah seniman yang kreatif dari Bandung dan Nasional. Berwisata sambil edukasi, itulah daya tarik tempat ini.

22. Gunung Putri Lembang

Wisata alam pegunungan yang sangat eksotis menjadikan daya tarik wisatawan. Gunung Putri lembang menyimpan berjuta pesona alam yang sangat indah dan penuh misteri. Gunung Putri Lembang berada di Jalan Gunung Putri Lembang.

23. Curug Tilu Leuwi Opat

Salah satu Air Terjun dengan pesona keindahan ala dengan curugnya yang sangat mempesona. Tempat wisata ini menawarkan panduan pesona air terjun, gua dan kawasan alam hijau sekitar 5 hektar. Lokasinya berada di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang.

Demikian mengenai 23 Wisata Lembang Bandung Yang Harus Dikunjungi. Semoga bisa memberikan pilihan yang baik bagi anda yang ingin berwisata ke Lembang Bandung. Terima Kasih.

23 Tempat Wisata Lembang Bandung Yang Harus Dikunjungi