Wisata Kawah Putih Dengan Sejuta Pesonanya

Wisata kawah putih dengan sejuta pesona - Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu dari sekian tempat wisata di Bandung paling terkenal. Objek wisata alam yang satu ini dapat diakses dari Jl. Raya Soreang – Ciwidey kabupaten Bandung dan berada tidak jauh dari Tempat wisata situ patenggang Ciwidey. Dari pusat kota Bandung, lokasi ini berjarak kurang lebih 50 kilometer arah selatan Bandung.

Secara geografis, Kawah Putih terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian hingga 2.400 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tidak heran apabila suhu udara di area Wisata kawah putih ini terasa lebih dingin dengan hawa udara yang sangat menyegarkan.

Wisata Kawah Putih Dengan Sejuta Pesonanya


Suhu udara di Kawah Putih bahkan dapat mencapai 8 derajat Celcius tiap harinya. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak lupa untuk membawa jaket atau pakaian tebal ketika berkunjung ke wisata Kawah Putih Ciwidey.

Kisah cerita tentang Kawah Putih ini diketahui berasal dari abad ke-10. Di masa lampau tersebut, terjadi letusan sebuah Gunung Patuha yang sangat dashyat. Setelah letusan, terjadi kejadian aneh dimana segerombolan burung yang terbang melintasi Kawah Putih ini diketahui mati.

Inilah sebab awal mengapa penduduk setempat pada saat itu menganggap bahwa area tersebut adalah kawasan yang angker.
tempat wisata Kawah Putih

Nuansa eksotis wisata kawah putih


Seiring dengan berjalannya waktu, keangkeran tersebut perlahan lenyap. Terutama setelah tahun 1837, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, seorang ahli botani dari Jerman melakukan penelitian di kawasan Ciwidey dan akhirnya sampai di puncak Gunung Patuha serta mengetahui keberadaan danau putih yang sangat menawan.

Dari danau tersebut, tercium bau belerang yang sangat menyengat hidung. Sejak saat itulah objek wisata Ciwidey ini dikenalkan ke masyarakat luas.

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey sebenarnya adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari hasil letusan Gunung Patuha. Sebagaimana nama yang diberikan padanya, tanah di area objek wisata ini memang berwarna putih. Warna putih ini didapat dari campuran unsur belerang.
objek wisata Kawah Putih

Keindahan kawah putih


Disamping itu, air danau juga berwarna putih kehijauan dan sesuai faktor cuaca, tinggi rendahnya suhu, dan kadar belerang yang terkandung warna didanau ini dapat berubah.

Oleh pemerintah setempat, kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey mulai dikembangkan dan dikelola sejak tahun 1987 sebagai sebuah tujuan wisata alam yang menarik. Secara bertahap, fasilitas penunjang terus ditambah guna mendukung dan melengkapai kenyamanan wisata di sana.

Kawah Putih Ciwidey terbuka untuk seluruh pengunjung setiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Anda bisa mengunjungi Kawah Putih Ciwidey sesuka hati dan sebisa anda tanpa ada perbedaan tarif harga tiket masuk pada hari apapun sebesar 15 ribu rupiah tiap orang.

Tetapi apabila Anda membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya jasa parkir sesuai dengan jenis kendaraan pribadi yang Anda kendarai termasuk juga untuk lokasi parkir.

Ada 2 lokasi parkir kendaraan di lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey ini, yaitu parkir kendaraan atas dan parkir kendaraan bawah. Parkir atas disediakan untuk siapapun yang ingin membawa kendaraan pribadinya sampai di kawah, namun parkir atas ini tidak dianjurkan untuk kendaraan jenis besar seperti bus.
kawah putih ciwidey

transportasi Ontang-Anting di kawah putih


Sementara untuk parkir bawah, kendaran hanya bisa masuk sampai di pintu gerbang lokasi Wisata dan perjalanan ke Kawah Putih dapat dilanjutkan dengan sarana transportasi yang telah disediakan di sana, yakni kendaran minibus yang telah dimodifikasi dan dinamakan ontang-anting.

Ongkos untuk naik ontang-anting ini terbilang cukup terjangkau, cukup dengan membayar Rp 13 ribu saja anda sudah dapat menumpanginya. Apabila anda cukup tertarik dengan objek wisata Kawah Putih, segeralah mengunjunginya bersama keluarga anda.
Wisata Kawah Putih Dengan Sejuta Pesonanya