15 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Keren dan Menarik

Tempat Wisata Alam Di Jogja - Kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata alam yang ada di Jogja. Inilah daftar tempat wisata alam di Jogja yang keren, menarik, dan tentunya seru untuk dikunjungi. Jogja tidak hanya wisata kuliner, belanja yang murah dan sejarah saja. Namun Jogja juga memiliki tempat wisata alam yang sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Jogja.
Adapun wisata alam yang ditawarkan di Jogja ini mulai dari pantai, gua, gunung, air terjun dan lainnya. Tidak hanya itu, fasilitas, transportasi serta akomodasi nya lengkap dan juga memadai. Tidak heran apabila Jogja menjadi salah satu icon wisata yang bagus dan menarik di Indonesia.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya akan merekomendasikan tempat-tempat wisata alam di Jogja yang keren dan menarik. Apa saja sih??? Pada penasaran kan? Yuk, simak beberapa tempat wisata alam yang keren dan menarik berikut ini.
Kalibiru
Kalibiru

Daftar Tempat Wisata Alam Yang Menarik dan Keren Di Jogja


1. Kalibiru

Jika Bandung memiliki Tebing Keraton, maka Jogja pun memiliki Kalibiru. Kedua tempat tersebut sama-sama tempat yang cocok untuk melihat pemandangan hamparan hutan dari ketinggian, akan tetapi di Kalibiru ini anda melihatnya dari atas pohon pinus yang tinggi bukan dari atas tebing.
Kalibiru merupakan sebuah nama desa dan juga menjadi hutan wisata yang letaknya berada di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Kalibiru terpelihara dengan baik oleh warga disana karena tempat tersebut menjadi lokasi ekowisata sumber penghidupan mereka.
Terdapat tempat berfoto yang asik di tempat ini, yakni sebuah platform kecil yang terbuat dari kayu yang letaknya diatas pohon pinus. Untuk menaikinya, anda harus menaiki tangga yang terbuat dari batang bambu. Dari atas, anda dapat melihat Waduk Sermo dari kejauhan. untuk memasuki tempat ini anda akan dikenakan biaya sebesar 3 ribu rupiah.

2. Puncak Suroloyo

Untuk anda yang suka menikmati pemandangan matahari terbit tidak perlu jauh-jauh mendaki gunung, sebab Puncak Suroloyo berada di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta ini menawarkan pesona pemandangan matahari terbit dengan hamparan awan yang indah dari gunung-gunung yang ada di Yogyakarta. Dari ketinggian 1.019 mdpl yakni Gardu Pandang, anda dapat melihat 4 gunung yaitu Merapi, Sindoro, Merbabu, dan Sumbing serta anda juga akan melihat Candi Borobudur terkadang tertutup kabut bila dilihat dari kejauhan. Untuk menuju puncaknya, anda harus menaiki sekitar 290 anak tangga.
Menurut legenda masyarakat disana, dulunya tempat ini menjadi lokasi dimana Raden Mas Rangsang atau Sultan Agung Hanyakrakusuma mendapat wangsit untuk melakukan tap kesatriyan.

3. Bukit Parang Endong

Pantai Parangtritis yang berada di Bantul, lebih tepatnya 27 Km dari Selatan Jogja memang sangat terkenal. Namun kali ini kita tidak membahas tentang pantai ini. Di ujung timur dari Pantai Parangtritis ini, terdapat sebuah tempat yang menarik dan keren biasa digunakan untuk landasan pacu olahraga paralayang, tempat tersebut adalah Bukit Parang Endong.
Untuk anda yang berlibur ke Jogja dan tertarik dengan olahraga paralayang, bisa mengunjungi tempat ini. Anda dapat melakukan paralayang tandem bersama pemandu yang berpengalaman dengan membayar 300 ribu untuk sekali penerbangan.

4. Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo yang terletak di Tegalrejo, di ujing timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun, sebagian masyarakat menyebut curug ini dengan Curug Bayat, sebab lokasi curug ini yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten. Untuk menuju ke Curug Indah Tegalrejo ini anda dapat melalui Klaten lalu ke arah selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta menuju ke curug ini akan menempuh jarak sekitar 1 jam menggunakan mobil atau motor.
Ketika anda berkunjung ke curug ini, anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Curug Indah Tegalrejo ini memiliki suasana asri khas perdesaan yang sangaat kental. Warga sekitar dan anak-anak sekolah sering mampir sejenak untuk menyegarkan badan dengan air yang bersih yakni berasal dari sumber mata air yang murni.

5. Gua Selarong

Gua Selarong adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di Jogja dan dikenal sebagai tempat wisata religius yang ada di Jogja. Dimana Gua Selarong menjadi pusat perjuangan Pangeran Diponegoro dan sebagai markas gerilya dalam melawan penjajah Belanda. Gua Selarong yang berada di Guwosari, Pajangan, Yogyakarta. Untuk memasuki tempat wisata ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 2 ribu per orangnya. Di tempat ini terdapat fasilitas toilet umum, tempat ibadah, pendopo, gardu pandang dan juga dijadikan sebagai bumi perkemahan bagi yang suka berkemah.

6. Gua Cerme

Gua Cerme adalah sebuah gua yang ada di Jogja yang menyimpan kecantikan alami dan sangat mudah untuk ditelusuri. Gua yang berada di dua wilayah ini, yakni Mulut gua yang berada di Dusun Srunggo, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dan untuk pintu keluarnya berada di kawasan Ploso, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua yang memiliki panjang sekitar 1,5 km yang dialiri sungai bawah tanah. Ornamen gua yang lengkap dan masih terawat dengan baik. Anda dapat melihat stalagtit dan stalagmit dengan bentuk sodastraw, moonmilk, pilar hingga putih cemerlang.

7. Arung Jeram Citra Elo

Tempat wisata Citra Elo mengemas arung jeram dalam paket wisata yang nyaman dan tentunya aman, sehingga kegiatan ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan tanpa syarat memiliki kemampuan berenang untuk pesertanya. Peralatan dan perlengkapan yang ada di Citra Elo ini telah memenuhi standar keamanan internasional yang harus dikenakan peserta. Anda akan didampingi oleh RiverGuide selama pengarungan. Arung Jeram Citra Elo beradai dikawasan Jogja, tepatnya di Sungai Elo, Magelang. Tempat yang sangat cocok untuk anda yang suka wisata alam yang seru dan juga menantang.

8. Kebun Buah Mangunan
Kebun buah yang terletak di ketinggian 150-200 mdpl ini, tidak hanya menyajikan deretan berbagai pohon buah-buahan yang tertata rapi. Di kebun buah Manunan ini anda akan melihat keelokan Sungai Oyo yang mengalir meliuk-liuk yang membelah perbukitan. Untuk memasuki kawasan kebun buah Mangunan ini anda akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah per orang. Jika anda berkunjung di pagi hari, anda akan melihat pemandangan Ngarai Sungai Oyo yang tertutup oleh kabut putih. Dan jika berkunjung saat senja menjelang, anda akan menyaksikan pemandangan sunset keemasan yang indah.

9. Air Terjun Sri Gethuk

Gunung Kidul yang memiliki pesona yang luar biasa ini, walaupun daerah yang kering Gunung Kidul menyimpan sebuah tempat wisata air terjun yang sangat indah di Jogja. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun yang berada di Ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Bleberan. Bagi anda yang berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, setelah ke kebun buah tersebut anda dapat mengunjungi air terjun ini karena lokasinya yang tidak terlalu jauh. Di bagian bawah air terjun ini terdapat bebatuan yang berbentuk undak-undak yang menambah kesan unik pada tempat ini. Tidak heran lagi jika tempat ini menjadi salah satu air terjun yang paling indah di Jogja. Untuk menikmati keindahan tempat ini, anda cukup membayar sebesar 35 ribu rupiah dan sekaligus terusan ke Goa Rancang Kencono.

10. Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu wisata alam yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa vertikal yang memiliki sebuah hutan purba di dalamnya. Jika anda mengunjungi goa ini pada pukul 10 sampai dengan 12 siang, maka anda akan melihat cahaya yang menembus goa yang disebut cahaya surga. Hal unik tersebut membuat goa ini menjadi tujuan wisata alam di Jogja yang harus anda kunjungi. Untuk mencapai dasar goa ini anda wajib menggunakan peralatan khusus dengan standar keamanan yang terjaga dan didampingi pemandu. Biaya yang dikenakan untuk memasuk tempat wisata ini yakni sebesar 450 ribu rupiah untuk 2 orang.

11. Cave Tubing Gua Pindul

Cave Tubing Gua Pindul menjadi favorit wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata alam yang ada di jogja. Di tempat wisata alam jogja ini, anda akan merasakan sensasi menyusuri sebuah sungai yang berada didalam gua dengan menggunakan sebuah pelampung. Menyusuri gelapnya gua yang berhiaskan stalaktit dan stalagmit dengan pelampung dengan indah. Anda akan menikmati sensasi yang mengasikkan serta menegangkan. Sehingga tidak heran bila Gua Pindul dijadikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Gua Pindul merupakan salah satu rangkaian dari 7 gua dengan aliran sungai di bawah tanah. Anda akan menyusuri sungai dalam gua sepanjang 300 m dengan ban pelampung.

12. Blue Lagoon

Blue Lagoon adalah sebuah mata air dengan air yang jernih dengan warna biru kehijauan. Wisatawan ramai berkunjung ke Blue Lagoon ini dikarenakan pemandangan yang sangat indah dan menjadi tempat pemandian alami yang seru. Hal yang mengasikkan ketika berada ditempat ini adalah berenang atau berendam di kolam yang suhu udaranya mulai memanas. Semua kenikmatan tersebut dapat anda temukan di Blue Lagoon, dan pemandian alami ini mulai terkenal di kalangan para wisatawan. Awalnya tempat wisata alam yang ada di Jogja ini bernama Pemandian Setia Budi. Namun air yang jernih dengan warna kebiru-biruan, sehingga kalangan anak muda yang sering berkunjung menyebutnya Blue Lagoon. Kawasan Blue Lagoon ini berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

13. Gunung Api Purba Nglanggeran

Ketika anda berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran, terdapat sebuah pemandangan yang sangat unik yakni sebuah gugusan bukit batu raksasa yang menjadi pemandangan utama ketika menjejak Gunung Nglanggeran ini. Sekitar puluhan juta tahun lalu, gugusan bukit batu tersebut adalah sebuah puncak dari gunung berapi yang aktif. Untuk mencapai ke puncak gunung ini, anda cukup mendaki sekitar 1,5 sampai 2 jam. Anda bisa berhenti sejenak pada pos-pos yang ada disekitar jalan ketika anda tidak sanggup berjalan akibat kecapekan. Untuk mencapai ke lokasi Gunung Nglaranggeran cukup mudah, yakni cukup mengikuti jalan raya menuju ke Gunung Kidul.

14. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu wisata alam yang seru di Jogja. Tempat wisata ini muncul setelah erupsi Merapi di tahun 2006 dan 2010 yang mengubah Kaliadem daerah perkemahan hijau menjadi sebuah hamparan tanah yang luas. Di kawasan ini wisatawan dapat melihat bagaimana sisa material dari letusan Gunung Merapi dan juga dapat melihat sebuat tempat perlindungan atau bunker yang merenggut dua nyawa relawan. Kegiatan Lava Tour Merapi ini selain untuk mengetahui bagaimana dahsyatnya letusan dari Gunung Merapi. Dan dengan kegiatan ini anda juga dapat melihat puncak Gunung Merapi dari jarak sekitar 2 km yang ketinggiannya 2.965 mdpl yang mengeluarkan asap sulfatara terus keluar dari kawahnya.

15. Desa Wisata Ketingan

Bagi anda seorang pecinta burung, hal yang tak boleh anda lewatkan ketika berada di Jogja ialah sebuah tempat wisata alam yang ada di Desa Wisata Ketingan. Ketika anda mengunjungi kawasan Desa Wisata Ketingan, anda akan mendengar suara dari ribuan burung kuntul yang terdengar ramai. Bagi peneliti satwa dan juga pecinta burung, Ketingan adalah surganya satwa terutama burung Kuntul. Para peneliti mengamati tingkah laku dari burung kuntul yang jumlahnya mencapai 7.000 ekor sehingga para peneliti tidak pernah merasa bosan.

Mungkin itu saja yang dapat kami wisata alam yang keren dan menarik ketika berkunjung ke kota Jogja ini, jika ada saran lain silahkan cantumkan di komentar. Anda juga dapat menelusuri tempat wisata dieng yang keren di website ini. Terima kasih.
15 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Keren dan Menarik