Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia

Taman nasional wakatobi – Kepulauan Wakatobi satu diantara sekian banyak keindahan alam perairan yang sangat menakjubkan yang ada di Indonesia. Keindahan daratan dan bawah lautnya akan memberi rasa puas mata, menyegarkan pikiran dan hati Anda serta dapat menambah pengalaman Anda tentang kehidupan bawah laut.

Beberapa kegiatan yang pasti dapat Anda lakukan di tempat ini mulai dari diving, snorkeling dan berenang untuk menyaksikan gugusan terumbu karang yang mempesona dan berbagai keragaman biota laut. Kunjungi Tempat wisata di jogja dekat malioboro

Anda juga dapat mengunjungi perkampungan adat milik masyarakat yang tinggal di sekitar Taman Nasional Wakatobi ini. Suku yang berdiam di sekitar taman ini dikenal sebagai Suku Bajau.

Taman Nasional Wakatobi, surga bawah laut indonesia



Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia
Wakatobi


Menurut catatan sejarah penjelajah Eropa dan Cina kuno, menyatakan bahwa manusia perahu merupakan manusia yang dapat mengeksplorasi Sulawesi, Johor, Singapura dan Kepulauan Sulu. Dari semua manusia perahu di Asia Tenggara yang masih mempunyai kebudayaan perahu tradisional hanya suku Bajau tersebut.

Memahami kehidupan sehari-hari mereka yang unik dan menarik, terutama keahlian mereka dalam penyelaman kedasar laut untuk menombak ikan tanpa satu alat menyelam pun.

Pulau Hoga di Resort Kaledupa, Pulau Binongko di Resort Binongko dan Resort Tamia adalah beberapa lokasi menarik yang dapat dikunjungi, terutama untuk berkemah, diving, wisata bahari, snorkeling, berenang, dan budaya.


Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia
Bawah Laut Wakatobi


Di Wakatobi terdapat lebih dari 700 koral dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Tingkat kedalamannya bervariasi mulai dari yang datar sampai dengan yang melandai ke laut dan di beberapa area perairan terdapat bentuk yang curam. Bagian terdalam perairan Wakatobi dapat mencapai 1.044 meter.

Pariwisata bahari merupakan kegiatan wisata yang sejak lama dikenal dan sudah menjadi pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tidak lain dikarenakan hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk slop, atol, drop-off, flat dan underwater cave.

keindahan laut Taman Nasional Wakatobi


Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia
Laut Yang Jernih


Ada 112 lebih jenis karang dari 13 famili diantaranya A. Hyacinthus, Acropora formosa, Lobophyllia robusta, Platygyra versifora, Merulina ampliata, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Sarcophyton throchelliophorum, Stylophora pistillata dan Sinularia spp yang tinggal bersama penghuni bawah laut lainnya secara harmonis.

Kekayaan jenis ikan yang dipunyai taman nasional ini kurang lebih sebanyak 90-an jenis ikan diantaranya pogo-pogo (Balistoides viridescens), takhasang (Naso unicornis), napoleon (Cheilinus undulatus), baronang (Siganus guttatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), Amphiprion melanopus, Chelmon rostratus, Chaetodon specullum, Heniochus acuminatus, Caesio caerularea, Lutjanus monostigma, dan lain-lain.

Taman Nasional Wakatobi juga menjadi habitat beberapa jenis unggas laut seperti Cerek Melayu (Charadrius peronii), Angsa-Batu Coklat (Sula leucogaster plotus) dan lain sebagainya. Beberapa spesies penyu juga menjadikan taman Wakatobi ini sebagai habitat mereka seperti penyu tempayan (Caretta caretta), penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).


Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia
Peta Wakatobi


Perairan Wakatobi mempunyai tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya dan tamu tersebut adalah ikan paus sp*rma atau dengan nama latinnya Physeter macrocephalus. Kunjungi Wisata di semarang yang wajib dikunjungi

Kawanan paus sp*rma ini biasanya singgah di Wakatobi sekitar bulan November, saat belahan bumi lain sedang terjadi musim dingin dan membeku. Pada bulan tersebut perairan di Wakatobi suhunya cenderung hangat dan persediaan makanannya cukup banyak.

Tidak hanya untuk Paus Sp*rma, ternyata kepulauan Wakatobi juga menjadi tempat singgah dan bermain ikan pari Manta atau Manta ray yang ukuran tubuh hewan ini tergolong besar. Selamat menikmati liburan anda di Taman Nasional Wakatobi.
Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia