Wisata Pulau Lengkuas, Bumi Laskar Pelangi

Wisata pulau lengkuas – Terdapat sebuah pulau yang selain memukau dengan keindahannya ternyata juga mempunyai mercusuar yang sudah berusia ratusan tahun. Nama Pulau tersebut adalah Pulau Lengkuas, tempat dimana keindahan laut biru jernih terbentang bertabur batuan granit yang eksotik. Tempat ini semakin memesona dan spektakuler jika dipandangi dari mercusuar tua tersebut.

Pulau tersebut berada di Sijuk, salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, pulau ini dapat dibilang sangat kecil dengan luas wilayahnya kurang dari 1 hektar. Kunjungi juga Tempat wisata di jogja terbaru dan menarik 2017
Wisata Pulau Lengkuas, Bumi Laskar Pelangi
Pulau lengkuas


Walaupun kecil, keelokan pantai di Pulau Lengkuas ini tidak perlu diragukan lagi. Cukup beralasan jika pulau yang dahulu sangat sepi pengunjung ini sekarang berhasil mengundang banyak para wisatawan untuk sudi menyempatkan berkunjung.

Nuansa menawan sebuah pantai berpasir putih yang langsung menghadap birunya samudera dengan dihiasi aneka bentuk batuan granit raksasa. Keistimewaan lain tempat ini yang tidak banyak ditemukan di pulaut lain adalah keberadaan mercusuar peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada tahun 1882.

Sampai saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi normal sebagai penunjuk lalu lintas kapal laut yang berlabuh ataupun keluar masuk Pulau Belitung. Kunjungi 9 objek wisata di semarang

Keindahan Wisata pulau lengkuas Dari Atas Mercusuar


Wisatawan diizinkan naik ke atas mercusuar dengan ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter ini. Mercusuar yang mempunyai belasan lantai ini dapat membantu wisatawan menyaksikan keindahan alam di sekitar pulau.

Dari ketinggian Anda dapat menikmati eloknya warna biru laut berpadu dengan harmonisnya keindahan batuan granit berwarna putih pucat. Tidak cukup disitu, pulau-pulau kecil berwarna hijau yang tampak dari kejauhan merupakan pemandangan lain yang kian memanjakan mata. Keindahan tersebut bisa dinikmati dari segala sudut.

Jika Anda tidak dapat mencapai puncak teratas maka jangan khawatir. Di setiap lantai mercusuar disediakan jendela yang menghadap langsung ke berbagai arah sehingga panorama indah di bawah sana tetap bisa anda nikmati atau diabadikan dengan kamera.

Air Laut Yang Jernih

Wisata Pulau Lengkuas, Bumi Laskar Pelangi
Wisata pulau lengkuas

Sebelum dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Provinsi Bangka Belitung, pulau ini hanya ditinggali oleh beberapa warga saja yang biasanya bertugas untuk menjaga mercusuar.

Film Laskar Pelangi yang dirilis pada tahun 2008 mengambil setting di wilayah Bangka Belitung akan tetapi Pulau Lengkuas tidak menjadi bagian dari wilayah tersebut namun tidak luput dari perhatian sampai kini selalu dipadati para wisatawan tidak hanya lokal tetapi juga wisatawan asing.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pulau Lengkuas adalah ketika bulan Maret sampai November. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca dan arus ombak di Pulau Lengkuas cenderung lebih bersahabat sehingga sangat aman bagi wisatawan yang ingin berenang dan bersnorkeling.

Tidak dianjurkan mengunjungi Pulau Lengkuas pada bulan Desember sampai Januari. Selain sedang musim penhhujan, ombak dan arus pun sangat besar dan dapat membahayakan keselamatan anda.

Bawalah bekal berupa makanan dan minuman yang cukup karena di pulau Lengkuas tidak terdapat warung. Jangan lupa dan tancapkan di pikiran dan hati anda untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ketersediaan air bersih masih sangat terbatas di Pulau Lengkuas, manfaatkan air bersih yang tersedia secara bijaksana. Kunjungi Tempat wisata dieng wonosobo jawa tengah

Tidak banyak fasilitas ataupun akomodasi yang dapat dijumpai di Pulau Lengkuas akan tetapi disana masih terdapat toilet umum dengan persediaan air bersih terbatas. Pulau ini tidak mempunyai sumber air bersih, stok akan air bersih atau tawar dikirim dari pulau lain. Untuk itu gunakanlah air dengan bijak ketika mengunjungi pulau ini.

Untuk tempat menginap, anda dapat menjumpainya di sekitar Tanjung Kelayang yang membutuhkan waktu tempuh 20 menit dengan berperahu. Atau jika ingin berkemah, Anda bisa melakukannya di pulau ini akan tetapi pastikan membawa semua peralatan yang diperlukan. Jika ada waktu luang, sempatkanlah untuk mengajak seluruh keluarga ke Pulau Lengkuas ini.
Wisata Pulau Lengkuas, Bumi Laskar Pelangi