12+ Tempat Wisata DI Jogja Pantai Yang Indah Dan Menarik

Wisata Pantai Yang Indah dan Menarik - Jogja yang terkenal dengan banyaknya objek wisata yang indah dan juga menarik, mulai dari wisata alam sampai wisata rekreasi yang modern. Jogja menjadi daerah yang memiliki objek wisata pantai dengan jumlah terbanyak. Tak heran jika wisata pantai di Jogja ini menjadi tujuan liburan para wisatawan.
Suasana pantai yang masih asri dengan kualitas udara yang masih segar sangatlah cocok untuk anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana alam. Wisata pantai di Jogja juga terkenal dengan pantainya yang memiliki pasir yang putih sehingga menambah keindahan pemandangan pantai-pantai di Jogja. Masing-masing pantai memiliki keunikan yang membedakan setiap pantai mulai dari segi pemandangan, fasilitas, dan kegiatan yang bisa dilakukan disana. 12+ Tempat Wisata Di Jogja Pantai Yang Indah dan Menarik berikut ini dapat anda jadikan referensi untuk menikmati wisata pantai di Jogja. Berikut adalah 12+ Tempat Wisata Di Jogja Pantai Yang Indah dan Menarik yang telah saya rangkum untuk anda.
Tempat Wisata DI Jogja Pantai Yang Indah Dan Menarik

Beberapa Wisata Pantai Di Jogja Yang Indah Dan Menarik


Pantai Baron

Pantai yang menjadi gerbang pertama untuk berkunjung ke pantai-pantai yang ada di daerah Gunung Kidul, karena letaknya paling dekat dengan kota Jogja. Di pantai ini anda dapat berenang dan juga bermain dengan jernihnya air laut tanpa ada batas, namun di Pantai Baron ini memiliki ombak yang relatih besar dan juga berbahaya. Anda tidak perlu khawatir, di pantai ini terdapat tempat yang landai dimana anda dapat berenang tanpa takut akan bahaya yang datang.
Nama Pantai Baron ini memiliki sebuah sejarah yang unik, yakni berasal dari nama seorang bangsawan pada zaman dahulu yang bernama Baron Skeber yang pernah melabuhkan kapalnya di pantai tersebut. Pantai Baron ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara sebab tempat ini terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Di pantai ini anda akan menemukan berbagai macam masakan laut yang bisa disebut Wisata Kuliner Di Jogja. Letak Pantai Baron ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Timang

Anda yang suka wisata pantai, namun ingin merasakan hal yang menantang saat berliburan. Pantai Timang adalah pilihan yang baik untuk anda yang ingin merasakan sensasi yang berbeda saat berlibur ke pantai. Di tempat wisata Pantai Timang ini terdapat kereta Gantung yang menghubungkan daratan dengan batu karang yang berdiri kokoh di pinggir pantai dan batu karang tersebut di beri nama Pulau Panjang. Sebenarnya Kereta Gantung tersebut adalah milik nelayan yang menjadi transportasi menuju ke Pulau Panjang. Anda juga dapat menaiki kereta tersebut dengan membayar sesuai tarif yang telah ditentukan oleh yang punya kereta gantung tersebut.
Pantai Timang berlokasi di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Masih satu kawasan dengan Pantai Siung. Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Timang, harus bertanya ke penduduk yang tinggal disekitar sana karena anda akan merasa bingung jika hanya melihat peta.

Pantai Krakal

Salah satu dari deretan pantai yang indah dan juga menarik di Jogja yaitu Pantai Krakal. Pantai Krakal masuk dalam kawasan laut selatan, Gunung Kidul. Di pantai ini terdapat spot surfing yang menantang adrenalin anda. Pantai Krakal ini juga memiliki garis pantai yang panjang dan menjadi yang terpanjang diantara pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta.
Anda akan menjumpai keistimewaan yang hanya ada di Pantai Krakal ini, yakni adanya ikan damselfish dengan warna kuningnya, dan butterflyfish dengan garis-garis biru tua di tubuhnya serta ikan lainnya.
Lokasi dari Pantai Krakal ini berada di Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda dapat menuju ke tempat ini dengan jarak sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam dari kota Jogja.

Pantai Siung

Anda yang memiliki hobi panjat tebing, Pantai Siung merupakan tempat yang cocok untuk anda dan juga asik untuk menyalurkan hobi anda tersebut. Dimana tebing-tebing yang ada di Pantai Siung banyak dimanfaatkan oleh para pecinta panjat tebing untuk melakukan kegiatan panjat tebing disana. Terdapat lebih dari 250 jalur untuk panjat tebing yang ada di Pantai Siung ini. Selain itu, di Pantai Siung terdapat Camping Ground yang bisa anda gunakan untuk mendirikan tenda jika anda ingin menikmati suasana malam di Pantai Siung ini. Penamaan Pantai Siung memiliki sangkut paut dengan nama batu karang yang berada di sana. Nama Siung sendiri berasal dari sebuah batu karang yang berbentuk seperti gigi kera, yang dalam bahasa jawa disebut Siung Wanara.
Pantai Siung ini terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Siung ini tidaklah jauh keberadaannya dari Pantai Timang.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan pantai yang letaknya berada di ujung Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Anda menempuh waktu sekitar 3 jam untuk mengunjungi Pantai Wediombo ini. Pantai di kawasan Gunung Kidul ini sangat lah cocok untuk menikmati pemandangan sunset di sore hari bersama pasangan ataupun teman anda. Untuk anda yang memiliki hobi fotografi lanscape, pantai Wediombo sangatlah cocok untuk hunting foto.
Ketika anda berkunjung ke Pantai Wediombo, anda dapat menikmati kuliner yang tersedia di kawasan Pantai Wediombo ini.
Saat anda sampai di Pantai Wediombo ini akan dihadapkan dengan pantai yang luas dengan batu-batuan yang unik disekitar pantai. Banyak wisatawan yang rela basah demi bisa berdiri diatas bebatuan untuk berfoto selfie.

Pantai Sadeng

Pantai yang menjadi kebangaan bagi masyarakat di Gunung Kidul tidak hanya memiliki pemandangan yang sangat indah, pantai Sadeng juga menyimpan sebuah cerita.  Pasti kalian pernah dengar cerita tentang Bengawan Solo. Dahulunya sungai tersebut bermuara sampai Pantai Sadeng, sehingga disebut dengan Bengawan Solo Purba. Di pantai ini keberadaan batu karang raksasa tidaklah banyak, sehingga tidak menghalang pandangan anda ketika sedang menikmati indahnya suasana pantai. Bibir Pantai Sadeng ini berupa tebing karang yang menjadikannya terlihat indah dan cantik. Lokasi pantai Sadeng ini berada di Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Drini

Sama dengan pantai lainnya, Pantai Drini memiliki pasir putih yang sangat indah. Sama halnya dengan Pantai Sadeng, Pantai Drini ini menjadi muaranya dari Bengawan Solo. Karena peristiwa alam dan geologi menyebabkan terdesaknya lempeng Australia yang mengakibatkan aliran sungai Bengawan Solo beralih ke utara menuju Gresik. Di pantai tersebut terdapat sebuah mercusuar yang dimana anda dapat menaiki sampai keatas dan bisa melihat pemandangan laut dari atas mercusuar. Lokasi Pantai Drini ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda dapat menempuh jarak 65 km menuju ke Pantai Drini dalam waktu 3 jam dari kota Yogyakarta. 

Pantai Indrayanti

Awalnya nama pantai ini adalah pantai Pulang Sawal disingkat dengan nama pantai Pulsa. Nama Indrayanti adalah nama seorang pemilik cafe yang berada di kawasan pantai tersebut. Namun orang-orang yang berkunjung kesana terlanjur menyebut pantai ini  dengan nama Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti yang masih terjaga keasrian dan memiliki pasir putih disertai dengan air nya yang sangat bersih yang menyebabkan para wisatawan ramai berkunjung ke Pantai Indrayanti ini. 
Pantai yang cukup modern, dimana di pantai tersebut terdapat penginapan, cafe dan restoran. Pantai yang dikeliling batu-batu karang yang berukuran besar sehingga menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Indrayanti. Tidak hanya itu, disana terdapat juga gazebo-gazebo yang dapat  anda gunakan untuk bersantai untuk menikmati suasana pemandangan pantai Indrayanti.

Pantai Sundak
Pantai Sundak merupakan sebuah pantai yang memiliki nilai sejarah di kota Jogja.  Nama Pantai Sundak yang memiliki sejarah yang unik. Pada zaman dahulu, tahun 1976 terdapat kejadian yang menarik.  Ada seekor anjing peliharaan yang bermain sekitar pantai tersebut lalu masuk ke dalam sebuah goa. Ternyata anjing tersebut merasa lapar sehingga si anjing bertemu dengan seekor landak, dan bermaksud ingin memakan landak tersebut. Terjadilah perkelahian diantara keduanya. Dan si anjing berhasil memenangkan pertarungan dan memakan landak tersebut.
Perbuatan itu diketahui oleh pemilik anjing dan mengecek ke dalam goa. Ternyata sang pemilik menemukan potongan tubuh landak lain yang tidak dimakan si anjing. Dari kejadian tersebut muncul lah nama Sundak yang berupa singkatan dari Asu(Anjing) dan landak.

Pantai Kukup

Pantai yang keberadaannya masih di kecamatan Tanjungsari. Letaknya yang berdekatan dengan pantai Baron dan Pantai Krakal. Orang-orang disana menyebut ketiga pantai  itu dengan  Trio Pantai. Ketiga pantai tersebut sering menjadi paket tujuan wisata dalam satu perjalanan liburan. Pantai yang memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. 
Hal unik dari pantai ini adalah sebuah batu karang yang besar menjorok ke arah laut. Batu karang tersebut mengingatkan dengan salah satu tempat wisata bali yang terkenal yakni Tanah Lot.

Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran  dengan pasir yang putihnya berpadu dengan air biru menyajikan pesona pantai yang indah. Di pantai ini terdapat 4 buah tempat ibadah untuk 4 kepercayaan yang berbeda dan dibangun berdekatan. Di pantai tersebut terdapat sebuah mesjid sederha yang menghadap kea rah selatan (menghadap pantai). Tujuannya agar wisatawan yang ingin sholat disana tidak salah arah ketika sholat, dan disana terdapat petunjuk arah kiblat yang dibuat masyarakat sekitar.
Bila anda berkunjung ke Pantai Ngobaran ini di pagi hari, anda akan melihat penduduk setempat yang tinggal di pesisir pantai sedang memanen rumput laut. Jika dilihat dari kejauhan, pemandangan rumput laut yang sedang dipanen tersebut tampah seperti sebuah persawahan yang berada di pinggir pantai. Letak dari Pantai Ngobaran ini berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Ngerenehan

Pantai Ngerenehan yang letaknya berada di sebelah timur dari Pantai Ngobaran. Di pantai ini anda dapat menikmati indahnya pemadangan yang ada, yakni bukit kapur yang indah. Hal tersebut menjadikan pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama mereka yang menyukai fotografi.  Pasir pantai Ngerenehan sangat putih dan bersih.  Di pantai ini juga anda dapat melihat banyak perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan di laut.
Setiap bula purnama di hari raya Nyepi umat Hindu disana diadakan sebuah upacara Melasti. Di pantai ini anda juga dapat melihat lebih dekat aktivitas dari para nelayan yang sedang  memperbaiki perahu, merajut jarring, dan ada juga yang sedang menghitung hasil tangkapan.

Pantai Pok Tunggal

Salah satu pantai yang paling cantik di Jogja adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai dengan pasirnya yang putih dan lembut. Di pantai ini juga terdapat tebing-tebing karang yang menjadikan pantai ini semakin indah dan menarik dikunjungi. Beberapa keunikan yang ada di Pantai Pok Tunggal ini, salah satunya yaitu sumber air tawar yang asalnya dari aliran air sungai bawah tanah.
Nama pantai Pok Tunggal ini berasal dari nama sebuah pohon yang terdapat di pantai tersebut. Pantai ini masih satu kawasan dengan pantai Siung yang kita bahas sebelumnya yakni kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang adalah salah satu pantai yang letaknya berada di kawasan Gunung Kidul dan berjejeran satu sama lain dengan beberapa pantai yang di kawasan tersebut dengan jarak tidak terlalu jauh. Pantai yang membentang panjang  dengan hamparan pasir yang luas dan indah. Pantai Sepanjang memliliki keindahan alam yang sangat indah. Penamaan Sepanjang ini tidak hanya sekedar nama tetapi garis bibir pantai yang panjang, dan juga Pantai Sepanjang ini menjadi pantai yang memiliki garis bibir pantai yang terpanjang di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.
Pantai Sepanjang juga memfasilitasi wisatawan dengan gubuk-gubuk yang beratapkan daun kering, sehingga para pengunjung bisa beristirahat saat menikmati pemandangan di Pantai Sepanjang ini.

Sekian dulu yang bisa saya rekomendasikan, semoga anda yang ingin menikmati wisata pantai bisa membaca artikel ini sebagai rekomendasi. Terima kasih.
12+ Tempat Wisata DI Jogja Pantai Yang Indah Dan Menarik