Apakah pacaran membatalkan puasa? hukum pacaran di bulan ramadhan

Apakah pacaran membatalkan puasa? Sebelum memulai topik yang masih seputar relationship, masdim.id mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

Banyak timbul pertanyaan kan seputar pacaran di bulan puasa. Nah rasanya topik ini sangat menarik dan masih menjadi tanda tanya dikalangan anak muda.
Apakah pacaran membatalkan puasa? hukum pacaran di bulan ramadhan


Memang hal yang membatalkan puasa sebenarnya adalah memasukkan sesuatu kedalam tubuh seperti contohnya makan dan minum. Namun bagaimana dengan pahala yang kita dapatkan? Karena sesungguhnya ada yang membatalkan pahala yang tanpa kamu sadari ketika pacaran di bulan puasa ramadhan diantaranya.

Zina mata, telinga dan lisan sampai hati

Bagaimana bisa pacaran bisa menimbulkan zina mata, zina telinga, zina lisan dan zina hati?

Sebab manusia diberi nafsu, itu yang memungkinkan seseorang yang pacaran dibulan puasa akan melakukan zina yang tanpa disadari membatalkan pahala puasa.

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa, namun yang dia dapatkan dari puasanya hanya lapar dan dahaga.” (HR. Ahmad 8856, Ibn Hibban 3481, Ibnu Khuzaimah 1997 dan sanadnya dishahihkan Al-A’zami).


Ketika kamu bisa menahan haus dan lapar, apakah kamu bisa menahan nafsu saat pacaran di bulan ramadhan?

Rosulullah SAW bersabda :

كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنَ الزِّنَى مُدْرِكٌ ذَلِكَ لاَ مَحَالَةَ فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاِسْتِمَاعُ وَاللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلاَمُ وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ وَيُكَذِّبُهُ

“Setiap anak Adam telah ditakdirkan mendapat bagian untuk berzina dan ini suatu yang pasti terjadi, tidak bisa dielakkan. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara. Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh). Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.” (HR. Muslim no. 6925)

pacaran menimbulkan maksiat

Selian zina, hal yang membatalkan pahala kita saat puasa adalah maksiat. Dalam islam pacaran akan menimbulkan maksiat.

Bagaimana tidak, ketika sudah zina mata, tangan, lisan sampai hati sampai syahwat dan memicu pada maksiat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903).

Sebaiknya kita menjaga segala sesuatu di bulan puasa dan menjauhkan diri dari segala dosa.

Alangkah merugi jika puasa yang kita jalankan hanya mendapatkan haus dan lapar karena sesungguhnya kita berpuasa mencari ridho Allah SWT.


Demikian sedikit pengetahuan yang saya sampaikan tentang hukum pacaran di bulan puasa ramadhan, jika ada salah kata atau yang kurang saya mohon maaf.

Apakah pacaran membatalkan puasa? hukum pacaran di bulan ramadhan